Glamour dan Glorious: Malam Puncak Pemilihan Duta Genre Surakarta 2024 Berlangsung Spektakuler

Surakarta – Grand Final Pemilihan Duta Genre Surakarta 2024 sukses digelar pada Sabtu (20/7) di Pendapi Gedhe Balai Kota Surakarta. Acara yang dimulai pukul 18.00 WIB ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan pemilihan yang telah berlangsung selama tiga bulan terakhir. Dari 72 remaja di Kota Surakarta, terpilih 10 pasang finalis putra dan putri. Muhammad Wafiq Iskandar dan Naura Ade Putri berhasil meraih gelar Duta Genre Surakarta 2024.

Acara dibuka dengan penampilan dance dari para peserta yang berkolaborasi dengan Juara satu Duta Genre Surakarta 2023, Wildan Kusuma dan Nadia Yayang. Antusiasme tamu undangan dan masyarakat yang hadir menambah kemeriahan acara. Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa, beserta beberapa perangkat daerah (OPD) turut hadir. Dalam sambutannya, Teguh menegaskan komitmen pemerintah dalam mendukung program-program yang berkaitan dengan keluarga di Kota Surakarta.

“Pemerintah selalu mengintervensi dengan program-program yang berkaitan dengan keluarga. Mulai dari gizi, pendidikan, kesehatan, perumahan, termasuk lingkungan. Semua difasilitasi negara,” ujar Teguh.

Ia juga menambahkan pentingnya peran Duta Genre dalam mensosialisasikan program-program tersebut kepada para remaja dengan pendekatan yang lebih mudah dipahami.

“Tugas Duta Genre yang terpilih nanti adalah memberikan pencerahan kepada anak-anak satu generasinya. Jika komunikasinya selinear, mereka akan nyaman dan cepat menerima karena adanya kesamaan bahasa dan hobi,” tambahnya.

Grand Final Pemilihan Duta Genre Surakarta 2024 kali ini digelar pada malam hari untuk pertama kalinya, dengan tujuan menciptakan suasana yang lebih glamour, meningkatkan kehadiran, intimasi, dan rasa hangat. Ketua Pelaksana, Tomo Bawono, menjelaskan bahwa pemilihan waktu malam hari diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat luas, mengingat halaman balai kota selalu ramai pada akhir pekan.

Nominasi juara tahun ini lebih beragam dengan beberapa perubahan formasi. Semua finalis, baik yang meraih juara atau tidak, mendapatkan selempang Duta Genre.

Berikut adalah daftar juara Duta Genre Surakarta 2024:

  1. Duta Genre Surakarta 2024 Juara I: Muhammad Wafiq Iskandar dan Naura Ade’ Putri
  2. Duta Genre Surakarta 2024 Juara II: Kaysan Najib Murtaza dan Prisqila Naura Dhewani
  3. Duta Genre Surakarta 2024 Juara III: Lomoyono Samosir dan Shaviera Juanda Dewi
  4. Duta Genre Surakarta 2024 Juara Advokasi: Ariel Firdaus dan Annisa Dwi Rahmawati
  5. Duta Genre Surakarta 2024 Juara Persahabatan: Sonia Wibisono
  6. Duta Genre Surakarta 2024 Juara Berbakat: Muhammad Arrafi
  7. Duta Genre Surakarta 2024 Juara Favorit: Muhammad Rayhan Baja dan Zahlya Safa Rahmania
  8. Duta Genre Surakarta 2024 Juara Influencer: Asmanggala Habibi
  9. Duta Genre Surakarta 2024 Juara Microsite: Ibra Ardiansyah dan Rossana Mutia Azzahra

Naura Ade’ mengungkapkan kebahagiaannya setelah terpilih sebagai juara pertama, menyebut ini sebagai hasil dari perjuangannya sejak masa pendaftaran hingga malam puncak.

“Tentunya sangat senang, ini juga merupakan rezeki yang tidak disangka-sangka. Apalagi banyak sekali perjuangan atau effort untuk sampai di titik ini. Besar harapan saya dan Mas Wafiq untuk bisa membawa nama Surakarta menjadi juara satu di tingkat Jawa Tengah. Tidak lupa juga untuk memberi kebermanfaatan yang lebih kepada masyarakat dan remaja,” kata Naura.

Wafiq Iskandar juga menyampaikan harapannya agar para remaja di Surakarta sejalan dengan slogan Generasi Berencana se-Indonesia.

“Harapannya kami bisa membuat remaja menjadi sehat, cerdas, dan ceria. Serta mereka juga terhindar dari Triad KRR (Tiga Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja),” ujarnya.

Program Genre diharapkan dapat membantu remaja dan generasi muda dalam merencanakan masa depan yang lebih baik melalui pemahaman mengenai kesehatan reproduksi, pentingnya pendidikan, dan pendewasaan usia pernikahan. Duta sebagai representasi role model remaja sangat diharapkan mampu menyebarkan pesan-pesan positif sekaligus mengedukasi masyarakat luas.

Tahun ini, dua mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta turut berpartisipasi sebagai finalis dalam ajang ini. Asmanggala Habibi berhasil meraih gelar Duta Genre Surakarta 2024 Juara Influencer, sementara Nur Azizah turut berkompetisi sebagai finalis. Prestasi mereka menunjukkan kontribusi aktif mahasiswa Unisri dalam kegiatan positif di masyarakat dan diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi remaja lainnya. Dalam event ini turut pula dihadiri Wakil Dekan FISIP UNISRI Ibu Dr. Herning Suryo Sarjono, M.Si.

0 Komentar