Pengalaman Tak Terlupakan Mahasiswa HI UNISRI dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Hai, sobat HI UNISRI… 

Perkenalkan nama ku M Hadie Gelar Semesta, akrab dipanggil Hadie atau Gelar, aku merupakan mahasiswa HI Angkatan 21, dan sekarang aku berada di tahun ke tiga semester enam. Mencoba hal-hal baru serta mendapat pengalaman baru adalah salah satu ambisi ku selama menjadi mahasiswa HI UNISRI, dengan aktif mengikuti organisasi-organisasi di kampus semua itu berawal. Setelah aktif mengikuti organisasi dikampus, aku berambisi untuk mengikuti program dari Kampus Merdeka yaitu, Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) batch 3. Sejujurnya program pertukaran mahasiswa ini sudah cukup lama aku ketahui, namun masih minim informasi mengenai program ini, akhirnya tibalah pembukaan pendaftaran mengenai program ini yang awalnya di share oleh salah satu dosen HI di grub HI Angkatan 21, aku mencari informasi-informasi mengenai program ini dengan mengikuti zoom online yang diselenggarakan langsung oleh tim PMM dan bertanya langsung ke kating 20 yang pernah mengikuti program ini sebelumnya. Dengan informasi yang ku dapatkan, semakin mematangkan niat ku untuk mengikuti program ini, karena menurut ku ini merupakan suatu kesempatan bagi mahasiswa untuk bisa mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa.

Setelah melewatkan penyiapan berkas-berkas yang diperlukan, serta mengikuti beberapa rangkaian test, alhamdulillah aku di nyatakan lolos! Rasanya senang sekali, setelah hampir 3-4 bulanan menyiapkan semua, tidak sia-sia rasanya… aku memilih kampus di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, tepatnya di kota Samarinda. Dan kampus ini merupakan pilihan pertama ku! Jadi jadi emang sebahagia itu pas dinyatakan lolos, hehe… Samarinda merupakan ibukota di wilayah Kalimantan Timur, seperti kalian tau bahwa ibukota Nusantara (IKN) ada di Kaltim, yang mana itu menjadi salah satu alasan aku tertarik untuk belajar di Kalimantan. Tibanya di Samarinda, aku langsung mendapat teman-teman dari seluruh wilayah di Indonesia, beragam suku, budaya, Bahasa, ras, dan agama menjadi satu keluarga di kota yang belum sama sekali kami kunjungi sebelumnya. Program PMM ini selain kita mengikuti kegiatan belajar seperti halnya di kampus asal, juga ada matkul wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa PMM yaitu, Modul Nusantara. Modul Nusantara (MN) ini dilaksakan setiap minggunya yang bertujuan untuk memperkenalkan tempat-tempat, kebudayaan, ilmu pengetahuan di kota atau daerah yang kita pilih, tentunya sangat asik ketika setiap minggunya kita jalan-jalan gratis dibiayai oleh pemerintah.


Selama satu semester, kurang lebih empat bulan di kota Samarinda bersama keluarga baru, merupakan pengalaman paling berharga saat masa-masa perkuliahanku, belajar saling menghargai satu sama lain, toleransi, memahami sifat dan watak dari teman-teman yang berbeda suku, budaya dan Bahasa menjadi pemebalajaran yang sangat berharga, karna dengan mengikuti program ini kita bisa mendapatkan itu semua. Selain itu dengan mengikuti program ini tentunya aku mendapat relasi pertemanan yang sangat-sangat luas, karna teman-teman kita tersebar di penjuru wilayah di Indonesia. Jadi, untuk anak-anak HI UNISRI aku harap dapat merasakan pengalaman yang sangat luar biasa ini, karna program PMM ini begitu sangat memberikan kita begitu banyak pengalaman dan juga kenangan yang tak terlupakan, jangan takut keluar dari zona nyaman kalian, terus berjuang dan semangat!! Nikmatilah masa-sama perkuliahan ini, dengan melakukan hal-hal positif dan bermanfaat, serta mencari relasi yang banyak, karena akan berguna di masa yang akan datang.

Bertukar Sementara Bermakna Selamanya”

0 Komentar