Dari UNISRI ke UNHAS: Petualangan Akademik dan Budaya di PMM 3

 


Halo mahasiswa HI UNISRI…

Perkenalkan saya Fajar Indrajaya biasa di panggil Indra atau Fajar mahasiswa Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNISRI Angkatan 2021. Pada saat ini, saya sebagai mahasiswa aktif semester 6. Saya merupakan pribadi yang antusias dan memiliki motivasi. Sebagai mahasiswa saya tidak hanya aktif di akademik saja namun juga di non-akademik seperti mengikuti beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa UNISRI seperti Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI), Pramuka, dan Lembaga Pers Mahasiswa APRESIASI.  

Pada saat semester 5, saya merupakan salah satu peserta yang mewakili Universitas Slamet Riyadi pada salah satu program Kampus Merdeka yaitu PMM 3 (Pertukaran Mahasiswa Merdeka) di Universitas Hassanudin 2023 yang berjalan selama empat bulan dari bulan Agustus hingga Desember 2023. Program PMM merupakan salah satu moment yang berharga dan mengesankan bagi saya. Hal ini karena saya mendapatkan beberapa pengalaman yang berharga selama mengikuti rangkaian kegiatan program tersebut. Beberapa manfaat yang saya peroleh dalam kegiatan ini seperti jaringan relasi pertemanan dari seluruh mahasiswa di Indonesia dan mahasiswa lokal Universitas Hassanudin, menemukan dan mempelajari perbedaan yang ada seperti karakteristik sosial budaya daerah setempat.

Kesan saya selama mengikuti program PMM 3 di Universitas Hassanudin yaitu saya mendapatkan ilmu pengetahuan tidak hanya secara akademik tetapi saya juga belajar banyak mengenai banyak hal seperti bagaimana saling menghargai dan berempati dalam berkomunikasi terhadap berbagai perbedaan latar belakang seperti suku, agama, ras, dan budaya. Selain itu, dalam mengikuti program ini, saya di dukung penuh oleh Pak Ganjar Widhiyoga, Ph.D selaku ketua program studi Ilmu Hubungan Internasional dan Pak M. Hery Yuli Setiawan selaku koordinator PMM 3 Outbond Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Itu saja cerita pengalaman ku sebagai pertukaran mahasiswa merdeka. Tetap semangat dan selalu jaga kesehatan!

0 Komentar